Inilah Alasan Kenapa Amerika Disebut Negara Paman 'Sam' dan Negara Supor Power

Inilah Alasan Kenapa Amerika Disebut Negara Paman 'Sam' dan Negara Supor Power

Baca Juga

Amerika Disebut Negara Paman 'Sam'

KENAPA Amerika dijuluki sebagai negara “Paman Sam” (Uncle Sam) ?. saya baru membacanya dari sebuah blog kawan...Begini ceritanya, dahulu ada orang bernama Samuel Wilson. Ia dilahirkan di Arlington, tanggal 13 September 1766. Pada usia 14 tahun, ia menjadi sukarelawan pejuang bagi negaranya. Setelah dewasa, ia membuka usaha kemasan daging di New York. Ia menyuplai berton-ton daging bagi tentara AS dalam Perang 1812.


Pada tahun 1812 jumlah barang untuk tentara dibeli di Troy, NY, oleh Elbert Anderson, seorang kontraktor pemerintah. Barang diperiksa oleh dua bersaudara, Ebenezer dan Samuel Wilson. Samuel Wilson sering dipanggil “Uncle Sam” oleh temannya. Setiap paket ditandai inisial E.A.-U.S. Pada saat dimintai arti inisial ini, pekerja yang bercanda menjawab bahwa EA adalah Elbert Anderson dan US adalah Paman Sam yang seharusnya adalah United States. Jadi judul menjadi populer di kalangan para pekerja, tentara, dan orang-orang, dan Pemerintah Amerika Serikat sekarang dikenal sebagai “Paman Sam”

Kisah diatas akhirnya di tulis dalam sebuah koran. Pada 1860-an dan 1870-an, kartunis politis Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Nast mengembangkan gambar tersebut dengan memberikan Paman Sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan garis. Nast juga-lah yang menciptakan citra Sinterklas dan gajah sebagai simbol Partai Republik.

Pada September 1961 Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai cikal bakal simbol nasional Amerika.



Paman Sam Wilson dianggap sebagai tokoh teladan tentang seorang wiraswasta yang suka bekerja keras dan cinta kepada tanah airnya. Wilson wafat di usia 88 tahun pada 1854 dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu mendapat sebutan ‘Rumah Paman Sam.’ Akhirnya , nama Paman Sam secara resmi dipakai untuk julukan negara Amerika. Orang-orang Amerika sekarang bangga dengan julukan dan citra yang dimiliki Paman Sam.


Amerika Disebut Negara Supor Power

Pengertian dari Negara super power sendiri adalah Negara yang mempengaruhi Negara lain, mempengaruhi dalam hal, ekonomi, politik, militer dan lain sebgainya. Maka Negara lain akan merasa takut dengan Negara tersebut.

Untuk Negara super power di dunia adalah Negara Amerika Serikat, Negara paman sam ini disebut sebagai Negara super power karena Negara ini memiliki kekuatan yang sangat besar missal dalam bidang militer, sudah tidak dipungkiri bahwa Negara amerika memilki kekuatan militer yang sangat besar, itu dapat dilihat sejak jaman Perang Dunia .

Pada saat itu Negara amerika mengalahkan Negara-negara lain, dengan agresifnya Negara amerika serikat melawan para musuh-musuhnya untuk perkembangan senjata di Negara Amerika Serikat sendiri sangat pesat Amerika memproduksi senjatanya, dalam hal militer amerika serikat sangat kuat dalam penyerangan melalui udara dan laut. Amerika Serikat juga memiliki pangkalan militer yang meluas sehingga dapat meningkatkan keamanan Negara itu sendiri.

Dalam hal ekonomi, sebenarnya Negara amerika serikat juga terlihat setelah adanya perang dunia 2, amrika serikat melihat kesempatan yang ada. Awal mula Negara Amerika Serikat membuat organisasi-organisasi yang mendunia seperti : IMF, WTO, Bank Dunia dan OECD organisasi tersebut berkembang sangat pesat, organisasi tersebut membawa Amerika Serikat ke puncak kejayaannya.

Karena pada dasarnya amerika serikat membuat itu memang ada kepentingannya sendiri. Amerika sempat beberapa kali mengalami krisis, akan tetapi karena adanya system system tersebut amerika serikat bangkit lagi memimpin perekonomian Dunia yang menganut ideologi-ideologi liberal (sesuai dengan yang dianut oleh bangsanya).

Amerika Serikat juga merupakan kreditor terbesar di dunia karena amerika serikat membantu untuk meminjami Negara-negara berkembang maupun Negara-negara maju dengan menggunakan system marshall plan yaitu program ekonomi yang sangat besar yang digunakan aerika untuk memulihkan keadaan keadaan Negara eropa yang telah mengalami krisis setelah terjadinya perang dunia 2.

Selain marshall plan Amerika Serikat juga menerapkan Grants In Aid yaitu bantuan ekonomi dengan memberi kewajiban kepada Negara yang diberi bantuan untuk mengembalikan bantuan ekonomi berupa dolar atau dengan membeli produk-produk dari amerika serikat, sehingga jika Negara yang diberi bantuan mata uangnya lebih rendah dari dolar berarti harus mengembalikan lebih dari yang telah amerika serikat berikan. Itulah yang menjadi benteng kekuatan ekonomi amerika serikat.

Sehingga walaupun mengalami krisis berkali-kali Amerika Serikat masih tetap dapat menanggulangi masalahnya sendiri. Dalam hal politik, Amerika memiliki peran penting dalam politik di dunia. Amerika Serikat selalu menjadi pokok utama pembasahan politik, peran Amerika yang sangat kuat. Perpolitikan Amerika Serikat telah mendominasi dan mewakili perpolitikan internasiona.

Dimana lembaga yang dibentuk oleh amerika seperti, World Bank, WHO, International Monetary Fund, lembaga-lembaga tersebut menjadi wadah untuk eksistensi Amerika Serikat sendiri dalam mencapai kepentingan-kepentigan nasionalnya. Amerika dapat member Award ataupun Hukuman kepada Negara-negara yang menjadi boneka dari Amerika Serikat, karena memang Ameirka Serikat mempunyai power yang sangat berpengaruh kepada Negara-negara di dunia.

Dalam hal lain seperti sumber daya alam maupun sumber daya manusia, sumber daya alam yang melimpah di Amerika Serikat dengan tanah yang subur, dan segala aspek pertanian dapat tumbuh dan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga dapat mengolah sumber daya alam tersebut sendiri yang membuat Amerika serikat tidak pernah kekurangan dalam hal tersebut, dengan memilki sumber daya manusis yang berkualitas, berpendidikan tinggi, dapat menciptakan kekuatan kekuatan baru bagi Amerika Serikat dan mempengaruhi perkembangan di Amerika Serikat dalam aspek apapun, karena bagimanapun yang paling mempengaruhi kekuatan suatu bangsa adalah warga masyarakat itu sendiri, di Amerika yang menganut liberalisme yang memang manusia yang menjadi pokok dalam suatu Negara, di Amerika yang memang benar-benar tegas dalam member reward maupun hukuman.

Untuk saat ini Amerika Serikat tetap saja menjadi Negara yang disegani di dunia dengan kekuatannya, dimana kita lihat berbagai kasus di dunia dan Amerika selalu turun tangan untuk membantu mengatasi walaupun ada kepentingan tersendiri dalam mengatasi kasus tersbut, untuk kasus yang saat ini terjadi di suriah, yang memang di suriah banyak kasus yang terjadi, Amerika selalu turun tangan, dalam kasus yang sekarang dialami warga Suriah seperti yang diketahui, bahwa adanya teroros di Suriah, Amerika Serikatpun ikut turun tangan membantu dalam hal militer ataupun senjata, walaupun Suriah telah dibantu oleh Rusia justru itu Amerika tetap ingin membantu Suriah.

Sebenarnya yang diinginkan oleh Amerika Serikat adalah lengsernya presiden Suriah, berhembus kabar seperti teroris yang menyerang Suriah mendapatkan bantuan dari Amerika Serikt, dalam hal milter ataupun Biaya Finansialnya. Jadi kemungkinan besar Amerika Serikat membantu Suriah agar supaya tidak ada yang curiga terhadap Amerika Serikat.


Sumber :
http://puffydevil.blogspot.co.id/2013/09/mengapa-amerika-disebut-paman-sam.html
https://qoriamaliakurniasari.wordpress.com/2015/11/22/negara-amerika-serikat-sebagai-negara-super-power/

Related Posts

Inilah Alasan Kenapa Amerika Disebut Negara Paman 'Sam' dan Negara Supor Power
4/ 5
Oleh